Cara Sukses Bisnis UKM untuk Mahasiswa

Banyak sekarang mahasiswa ingin terjun ke dunia bisnis. Ide-ide kreatif yang cemerlang banyak yang bermunculan, apalagi yang berusia muda. Tapi sangat disayangkan, tidak semua mahasiswa memiliki keyakinan dan keberanian yang sama untuk mencoba peluang bisnis yang ada. Masih banyak dari mahasiswa yang memilih bekerja parttime sebagai karyawan direstoran bahkan dikampusnya sendiri. Mereka masih berfikir bahwa menjalankan bisnis akan menggangu kuliah yang sedang ditempuhnya. 

Padahal sebenarnya banyak bisnis sampingan yang dapat dijalankan para mahasiswa tanpa menggangu jadwal perkuliahan yang mereka tempuh. Bahkan ada yang mengatakan kendalanya ada di modal dalam menjalankan usaha tersebut.

Sebenarnya banyak bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal yang besar. Aku ada beberapa contoh peluang bisnis kawan terutama mahasiswa yang dapat dicoba :

1. Bisnis Jasa Terjemahan Bahasa

   Bagi mahasiswa yang memiliki keahlian bahasa dapat mencoba bisnis ini, baik secara online maupun offline. Jasa ini masih banyak dicari para rekan mahasiswa lainnya dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Kita bisa memulai bisnis ini dari lingkungan teman sesama mahasiswa.

2. Bisnis Pulsa Elektrik

   Bisnis ini sering dijadikan sebagai bisnis sampingan para mahasiswa, karena ditujukan dengan banyaknya counter berjalan dikalangan mahasiswa, hanya dengan menggunakan satu chip mereka sudah dapat melayani permintaan pulsa untuk semua provider. Bisnis ini prospeknya bagus kawan, silahkan dicoba.

3. Bisnis Online

   Ini nih bisnis yang bisa dicoba para mahasiswa. karena bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan hanya memerlukan laptop atau computer dan jaringan internet yang sudah menjadi bagian dari mahasiswa. Bisnis ini waktunya fleksibel, kita dapat menjalankan bisnis ini setelah pulang kuliah.

4. Bisnis Sesuai Hobi

   Hobi ternyata juga dapat menghasilkan keuntungan jika diseriusi menjadi sebuah usaha. Misalnya ada yang hobi melukis, maka hobinya itu bisa dijadikan usaha dibidang lukis kawan. Selain contoh bisnis di atas, masih banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang dapat dijalankan.



Kunci Sukses (dikutip dari sebuah forum)

Yang perlu diingat para mahasiswa saat mereka mencoba sebuah usaha adalah keseriusan dalam menjalankannya. Sebelum menjalankan usaha yang diinginkan,sebaiknya tentukan pembagian jadwal antara kuliah dengan menjalankan bisnis. Sehingga bisnis yang anda jalankan tidak hanya diseriusi saat waktu luang saja.

Setelah menemukan pembagian jadwal,sebaiknya pilih usaha yang sesuai dengan minat atau bakat kita. Jadi kita dapat menikmati bisnis yang kita tekuni dan tidak merasa memperoleh tambahan beban dari bisnis tersebut.

0 Response to "Cara Sukses Bisnis UKM untuk Mahasiswa"

Post a Comment