Akibat Kurang Tidur


 Rutinitas harian terlalu padat dan pola hidup sekarang dengan berbagai macam kesibukan tentu berpengaruh terhadap jadwal kita sehari-hari den sering membuat waktu tidur berkurang. Padahal kurang tidur bisa brakibat fatal untuk kesehatan.

1. Kurang Tidur dan Darah Tinggi
Menurut hasil survey Riset Kesehatan Dasar tahun 2007-2008, bahwa kejadian penyakit darah tinggi di  indonesia mencapai 31,7% dari total penduduk dewasa. Salah satu penyebab yakni kurangnya waktu tidur.

Mereka yang terbiasa tidur kurang dari 7-8 jam setiap malamnya ternyata memiliki resiko penyakit darah tinggi yang amat besar. Terutama dialami oleh mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam. Tekanan darah seseorang akan menurun sebanyak 10-20% saat tidur, dan akan meningkat kembali saat bangun. Waktu tidur yang tidak mencukupi akan menyebabkan tekanan darah rata-rata sepanjang hari meningkat, yang dapat berkaitan dengan penyakit darah tinggi jika terjadi dalam jangka waktu panjang.

2. Kurang Tidur dan Diabetes.
 
 Diabetes atau disebut kencing manis merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Bahayanya, diabetes erat dengan berbagai jenis kompilasi seperti gangguan penglihatan dan penyakit jantung.

 Pola tidur yang kurang pun dapat meningkatkan resiko diabetes. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, para ahli menyimpulkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 5-6 jam setiap malam ternyata memilki resiko diabetes yang tinggi.

3. Kurang Tidur dan Stres

Tidur malam yang kurang juga diketahui berkaitan dengan lebih tingginya kadar hormon cortisol yang mempengaruhi tingkat stress. Kurang tidur juga berkaitan dengan suasana hati yang lebih buruk dan penurunan performa sehingga menjadi kurang optomal.

4. Kurang Tidur dan Berat Badan.

 Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering kurang tidur rentan gemuk dan memiliki berat badan yang lebih tinggi. Hal ini diketahi berhubungan dengan perubahan pola makan yang berhubungan dengan peningkatan kadar hormon yang dapat memicu rasa lapar sehingga mendorong untuk makan lebih banyak cdan berat badan pun naik

0 Response to "Akibat Kurang Tidur"

Post a Comment